Enam wasiat Imam Al-Ghazali RA

Pada suatu ketika Imam Al-Ghazali Radhiallahu 'Anhu bertanya kepada murid murid Nya :

1. Wahai para Muridku..... apa yang paling dekat dengan diri kita.....? para murid menjawab : ortu, guru, kawan, sahabatnya, lalu Imam Al-Ghazali menjelaskan bahwa semua jawaban para muridnya benar, tapi yang paling dekat dengan Kita adalah "MATI". Allah berfirman dalam Al-Quran Surah Ali Imran ayat 185 :


3:185


"Tiap tiap yang bernyawa akan merasakan mati, dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu.Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan kedalam Surga, maka sungguh ia telah beruntung, Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan"
Intisari : "Karena Mati Sangatlah Dekat Dengan Diri Kita, Syogyanya Setiap Saat Kita Harus Selalu Mengingat"

2.  Lalu sang imam melanjutkan dengan pertanyaan yang ke dua... apa yang palih jauh dengan diri kita...? Para murid lalu menjawab : Kutub utara, Kutub selatan, bulan, matahari, dan lain lain. Maka sang Imam pun menjawab bahwa semua jawaban itu benar, namun yang paling benar adalah "MASA LALU".   Bila kita tidak pernah berbuat baik sekalipun pada Tahun 2012, maka betapa kaya nya kita, betapa berkuasa nya kita, atau betapa kuat nya kita, yang jelas kita tidak dapat kembali kepada Tahun 2012.
Intisari : "Karena Kita Tidak Akan Pernah Dapat Kembali Ke Masa Lalu, Maka Pergunakan Hari Ini dan Hari Hari Yang Akan Datang Dengan Kebaikan" 

3.  Pertanyaan selanjutnya adalah :...... apa yang paling besar di dunia ini....? dan para murid menjawab : Matahari, Bulan, dan Imam Al-Ghazali menjawab Yang paling besar adalah "NAFSU" Karena peperangan, pembunuhan, pemerkosaan, itu dimulai dari Nafsu yang tidak terkendali dengan baik.
Intisari : "Manusia Yang Tidak Bisa Mengendalikan Hawa Nafsu nya Dengan Baik Adalah Golongan Manusia Yang Lebih Buruk Derajatnya Dari Binatang Ternak"  

4.  ..... Apa yang paling berat di dunia ini.......? jawaban murid murid beliau adalah : Gajah, Besi, Batu. namun Imam Al-Ghazali Menjawab semua jawaban itu benar, tapi yang paling tepat adalah : "MENJAGA AMANAH" Para Malaikat, Tumbuh tumbuhan, gunung, binatang secara seretak menolak ketika Allah meminta mereka menjadi Khalifah di dunia, hanya manusia yang menyanggupinya, tapi kebanyakan mereka masuk ke dalam neraka karena tidak sanggup memegang amanah. Amanah atau Kepercayaan adalah salah satu hal yang paling susah untuk menjaganya, kebanyakan dari manusia tidak pernah sukses untuk menjaganya, rata rata mereka mengkhianatinya,
Intisari : "Bila Tidak Sanggup Untuk Menjaga Amanah/Kepercayan Lebih Baik Kita Menolak, Karena Bila Amanah yang Diberikan itu Dikhianati Maka Kita Termasuk Dalam Golongan Orang Munafik" 

5.  ....... Apa yang paling ringan di dunia ini......? para murid menjawab : kertas, debu, kapas, namun Imam Al-Ghazali Menjawab bahwa semua jawaban itu  adalah benar, tetapi yang paling ringan dari  segala yang ringan   adalah " MENINGGALKAN SHALAT". Shalat sebenarnya adalah salah satu ibadah manusia yang paling eksklusif, di karenakan kita langsung berkomunikasi dengan Allah. 
Intisari : "Selama Nyawa Masih dikandung Badan Tidak Ada Gratisan Untuk Shalat"

6.    Pertanyaan Selanjutnya........ Apa yang paling tajam di dunia ini.......? semua murid menjawab "Pedang" dengan serentak, tapi tahukah kamu wahai muridku yang paling tajam adalah "LIDAH MANUSIA"  Pedang hanya akan melukai wajah atau tubuh anda dengan rasa sakit yang hanya sebentar dan obat yang mudah didapat, tetapi tidak dengan lidah, ia bisa melukai hati dengan rasa sakit yang tak pernah hilang dan obat yang hampir tidak dijual di Apotek manapun.
Intisari : "Jika Anda Seorang Mukmin Sejati Maka Lidah Ada Dibelakang Hatinya, dan Apabila Hari ini Lidah Anda Ada Didepan Hati Maka Anda Tergolong Kedalam Munafik Sejati, Na'uzubillah"

Bila kita dapat mengambil pelajaran dari wasiat Imam Al-Ghazali kepada murid murid nya maka keseimbangan (Balancing) kehidupan akan tetap ada, dan kita semua mendapat Rahmat Allah SWT.   Wallahu'alam.


Komentar