Pastikan tidak ada NISN ganda setelah VERVAL-PD

Setelah anda melakukan verifikasi dan validasi peserta didik pada situs VERVAL-PD maka wajib bagi kita untuk memastikan tidak adanya NISN ganda atau doble, hal ini menjadi penting karena seperti yang di informasikan oleh pihak PDSP bahwa satu NISN untuk satu siswa yang berlaku selama siswa tersebut berstatus aktif sekolah. Ada beberapa cara untuk memastikan bahwa NISN siswa tidak ganda atau doble. Berikut cara yang bisa kita lakukan :

1. Cek langsung pada sumber nya dengan cara :

  • Login Disini
  • Kemudian Klik Data siswa dan masukkan nisn siswa yang akan di chek. Ini membutuhkan waktu yang sedikit lama tergantung jumlah siswanya karena harus di lakukan satu per satu, akan tetapi kevaliditannya sangat akurat.
2. Cek dengan cara perbandingan data melalui Data DapodikData Referensi, dan Verval-PD tentunya. Cara ini bisa di lakukan dengan cepat dan hasilnya pun akurat karena kita tidak perlu mengecek satu persatu siswanya, hanya membandingkan jumlah siswa yang ada pada Dapodik yaitu data siswa hasil Sync aplikasi dapodikdas dengan data yang ada pada data referensi PDSP, sebagai pembuat NISN, data data verval pd sebagai acuan verifikasi siswa baru dan siswa lama yang kemungkinan ada yang ganda.





Pada kasus SD 28 SABANG Jumlah murid yang ada pada Data Dapodik adalah 84 siswa, pada Data Referensi  PDSP jumlah siswa 90, ini disebabkan siswa kelas 7 yang seharusnya sudah keluar namun masih ada pada database PDSP sehinga bila di kurang Jumlah siswa pada database PDSP yaitu 90 siswa dan yang kelas tujuh atau yang telah tamat sebanyak 6 siswa maka hasilnya adalah 84 siswa sama seperti apa yang ada pada data Dapodik sebagai acuan Data Sebenarnya. 





Komentar